Selamat datang di blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "Kemagnetan: Contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati
Admin jawabpedia.blogspot.com
Admin jawabpedia.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "Kemagnetan: Contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...
Contoh RPP IPA Fisika SMP - Selamat datang di markas fisika, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9 pada materi Kemagnetan, semoga contoh RPP ini bisa di jadikan sebagai referensi dan acuan yang baik dalam mengemas perangkat ajar.
Baiklah, demi mempersingkat kata, berikut merupakan contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9:
Baiklah, demi mempersingkat kata, berikut merupakan contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
( RPP )
- Identitas mata pelajaran
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : IX
Semester : 2
Program : IPA
Mata Pelajaran : Fisika
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan ( 2 x 40 menit ) - Standar Kompetensi :
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapan nya dalam kehidupan sehari - hari - Kompetensi Dasar :
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet. - Indikator :
- Menunjukkan macam - macam bentuk magnet.
- Menunjukkan sifat kutub magnet.
- Menunjukkan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan. - Tujuan pembelajaran
- Menunjukkan macam-macam bentuk magnet. Seperti magnet batang, magnet berbentuk U, dan sebagainya. Kegiatannya di laksanakan melalui praktek yang di buat oleh guru dengan membawa macam-macam magnet dan siswa di suruh membedakan magnet tersebut.
- Menunjukkan sifat kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kegiatannya adalah dengan diskusi kelompok yang dipandu oleh guru.
- Menunjukkan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat magnet. Kegiatannya melalui pemberian tugas dan siswa disuruh mencari jawabannya dan di kumpulkan minggu depan. - Materi ajar : Kemagnetan
Peta Konsep Materi Kemagnetan - Alokasi waktu: 2 Jam pelajaran (Jp) = 2 x 35 menit
- Model dan Metode Pembelajaran
- Model : Direct Instruction ( Pembelajaran Langsung )
- Metode : Informasi / ceramah, tanya jawab / diskusi, demonstrasi, dan eksperimen. - Kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan ( 10 menit ) "fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa"
- Guru memeriksa kehadiran siswa
- Guru memperhatikan kerapian kelas
- Guru menginformasikan kompetensi yang ingin di capai
- Apersepsi, yaitu mengulang pelajaran yang lalu / minggu sebelumnya, serta mengaitkan persepsi sehari - hari dalam materi kemagnetan.
b. Inti ( 50 menit ) "fase mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan"
- Melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan awal siswa tentang macam-macam magnet.
- Melakukan demonstrasi untuk menunjukkan bentuk garis medan magnet.- Melakukan demonstrasi untuk menunjukkan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan, yaitu : ( 1. guru menyiapkan alat berupa sebuah penggaris dan beberapa potong kertas ) ( 2. Guru mempraktekkan cara membuat magnet, yaitu dengan menggosokkan penggaris kerambut atau kain selama beberapa detik, setelah itu penggaris didekatkan dengan potongan kertas maka kertas tersebut akan menempel pada penggaris.) ( 3. Guru menyuruh siswa untuk melakukan cara pembuatan magnet seperti yang guru lakukan tadi )
- Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan teori kemagnetan bumi.
- Melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan kemagnetan.
- Melakukan tanya jawab dan menyimpulkan serta memberi penekanan hasil proses pembelajaran yang telah di laksanakan.
- Mengerjakan kuis tertulis yang di sampaikan secara lisan atau tertulis.
c. Kegiatan akhir ( 10 menit ) "fase memberikan latihan dan penerapan konsep"
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan
- Post test ( lisan )
- Guru memberikan pekerjaan rumah - Alat / Bahan ajar / Sumber belajar
- Alat dan bahan ajar = Magnet batang, besi lunak, macam-macam, batang logam, galvanometer, kawat, baterai, dan kumparan.
- Sumber belajar = ................. ?
- Saran dan media = Peta konsep dan gambar pendukung. - Soal- Garis medan magnet berasal dari kutub ….- Orang pertama kali yang menemukan gejala medan magnet di sekitar kawat berarus listrik adalah ….- Magnet yang ditimbulkan oleh kumpatan listrik bersifat ….- Membuat magnet dari bahan baja dibandingkan dengan besi lunak lebih mudah ….- Kekuatan magnet dari kumparan yang diberi inti besi dibandingkan dengan tanpa inti lebih besar ….Kunci Jawaban1. Utara2. Oersted3. sementara4. Besi lunak5. Dengan inti besi
Sekian esensi RPP yang saya lampirkan, untuk melengkapi RPP di atas ini, di harapkan untuk di sesuaikan dengan kebijakan instansi terkait, baik itu untuk tugas kuliah, perangkat ajar, dan tugas PPL di sekolah, saya yakin anda dapat memodifikasi Contoh RPP IPA Fisika SMP Kelas 9 ini sesuai dengan ketentuan instansi yang berlaku.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.
Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar