Selamat datang di blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "RPP Materi Cahaya SMP Kelas 8", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati
Admin jawabpedia.blogspot.com
Admin jawabpedia.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "RPP Materi Cahaya SMP Kelas 8" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...
RPP Materi Cahaya SMP Kelas 8 - Selamat datang di markas fisika, kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang berbagi contoh RPP Materi Cahaya SMP Kelas 8, karena sebelum-sebelum nya saya juga telah membagikan RPP yang bisa anda akses di daftar isi blog markas fisika ini, perlu di tekan kan, bahwa RPP yang saya bagikan hanya berupa contoh, untuk lebih nya bisa anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebijakan instansi yang memayungi anda.
Baiklah, tanpa basa - basi lagi, berikut contoh RPP materi Cahaya SMP Kelas 8.
Aspek yang di nilai :
A = Ketepatan jawaban
B = Keaktifan siswa dalam kelompok
C = Kerjasama antar anggota kelompok
Kriteria skor
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
Nilai = ( skor yang di peroleh / skor maksimum ) x 10
Penerapan dan pemahaman konsep akademis
1. Cocok kan gambar sesuai jenis nya masing - masing.
Penugasan PR
1. Mengapa kita dapat melihat suatu benda?
2. Bagaimanakah proses agar kita dapat melihat benda?
3. Gambarkan peristiwa pemantulan cahaya!
4. Bagaimanakah besar sudut datang dan sudut pantul pada peristiwa pemantulan cahaya?
5. Apakah yang terjadi ketika cahaya merambat dari medium yang berbeda kerapatannya?
6. Gambarkan peristiwa pembiasan cahaya!
- Alat, bahan, dan sumber belajar
Baiklah, tanpa basa - basi lagi, berikut contoh RPP materi Cahaya SMP Kelas 8.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
- Identitas Mata Pelajaran
- Satuan Pendidikan : SMP
- Kelas : VIII
- Semester : Genap
- Program Studi : IPA
- Mata Pelajaran : Fisika
- Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
-Standar Kompetensi
- Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
- Kompetensi Dasar
- Menyelidiki sifat - sifat cahaya dan hubungan nya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
- Indikator
- Mengidentifikasi hukum pemantulan cahaya
- Mengidentifikasi hukum pembiasan cahay.
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui demonstrasi siswa dapat menjelaskan tentang pemantulan cahaya.
- Melalui diskusi siswa dapat mengetahui penyebab terjadi nya peristiwa pemantulan cahaya.
- Melalui demonstrasi siswa dapat menjelaskan tentang pembiasan cahaya.
- Melalui diskusi siswa dapat mengetahui penyebab terjadi nya peristiwa pembiasan cahaya.
- Materi pelajaran : Cahaya
- Alokasi waktu : 2 Jp ( 2 x 45 Menit )
- Metode dan Metode Pembelajaran
- Model : Direct Instruction ( Pembelajaran Langsung )
- Metode : Demonstrasi dan Diskusi Kelompok
- Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit ) " fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa "
- Guru memotivasi siswa dengan cara memberikan pertanyaan “Apakah kita dapat melihat benda diruangan gelap?” (Tidak). Guru melanjutkan pertanyaan “Mengapa kita dapat melihat benda yang ada disekitar kita ?” (Karena adanya cahaya).
- Guru melanjutkan pertanyaan “Bagaimanakah proses agar kita dapat melihat suatu benda” (ketika ada cahaya yang mengenai suatu benda kemudian dipantulkan ke mata kita maka kita akan dapat melihat benda tersebut). Guru melanjutkan pertanyaan “Apakah yang terjadi jika cahaya datang dari medium yang berbeda kerapatannya misalnya dari udara ke air atau dari air ke udara ?”(Jika cahaya datang dari medium yang berbeda kerapatannya, maka akan terjadi pembiasan cahaya dimana cahaya akan terlihat dibelokkan. Jika cahaya datang dari udara ke air maka cahaya akan dibelokkan mendekati garis normal dan jika cahaya datang dari air ke udara maka cahaya akan dibelokkan menjauhi garis normal).
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran “Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat memahami mengenai sifat gelombang cahaya”.
b. Kegiatan Inti ( 60 Menit )
fase mendemonstrasi kan pengetahuan dan keterampilan
fase mendemonstrasi kan pengetahuan dan keterampilan
- Guru menampilkan gambar mengenai sifat gelombang cahaya yang terbagi menjadi dua yaitu pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya yang ditunjukkan pada gambar berikut.
- Guru menjelaskan mengenai pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya.
a. pemantulan cahayaCahaya sebagai gelombang dapat memantul bila mengenai suatu benda. Pemantulan cahaya sesuai dengan hukum pemantulan yang dikemukakan oleh Snellius yaitu:
- Sinar datang, sinar pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
- Sudut datang (i) sama dengan sudut pantul (r)
b. pembiasan cahaya
Pembiasan cahaya adalah pembelokan seberkas cahaya yang merambat dari satu medium ke medium lainnya yang berbeda kerapatannya. Pembiasan cahaya terjadi jika cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang memiliki kerapatan yang berbeda. Misalkan dari air ke udara dan dari udara ke air. Pada gambar (a), cahaya dibiaskan mendekati garis normal dan pada gambar (b), cahaya dibiaskan menjauhi garis normal.Hukum pembiasan cahaya pertama kali dikemukakan oleh Willeboard Snellius.
- Hukum I Snellius (hukum I Pembiasan) berbunyi : sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang datar, dan ketiganya berpotongan pada satu titik.
- Hukum II Snellius (hukum II Pembiasan) berbunyi : Sinar datang dari medium kurang rapat menuju ke medium lebih rapat dibiaskan mendekati garis normal. Sebaliknya, sinar datang dari medium lebih rapat menuju ke medium kurang rapat dibiaskan menjauhi garis normal.
- Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok. Ada 8 kelompok.
- Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
- Guru meminta masing-masing kelompok untuk mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
Fase Mengecek Pemahaman Dan memberikan Umpan Balik
- Guru menunjukkan peristiwa pemantulan cahaya.
- Guru mengajukan pertanyaan “Apakah yang menyebabkan terjadinya peristiwa pemantulan cahaya?” (Terjadinya peristiwa pemantulan cahaya di sebabkan karena cahaya mengenai suatu benda baik itu benda dengan permukaan datar maupun benda yang memiliki permukaan yang kasar sehingga cahaya tersebut akan dipantulkan).
- Guru bersama-sama peserta didik mendiskusikan mengenai penyebab terjadinya peristiwa pemantulan cahaya yang benar.
- Guru menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya.
- Guru mengajukan pertanyaan “Apakah yang menyebabkan terjadinya peristiwa pembiasan cahaya?”(Pembiasan cahaya terjadi jika cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang memiliki kerapatan yang berbeda).
- Guru bersama-sama peserta didik mendiskusikan mengenai penyebab terjadinya peristiwa pembiasan cahaya yang benar.
c. Kegiatan Penutup ( 15 Menit )
Fase Memberikan Latihan Dan Penerapan Konsep
- Membimbing siswa merangkum pelajaran dan membuat peta konsep. Siswa diminta mengisi kotak-kotak yang masih kosong
- Guru memberikan tugas rumah
- Penilaian Hasil Belajar
- Teknik Penilaian: - Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen: Tes Uraian dan Isian Singkat
- Instrumen Penilaian:
Skor Penilaian Kerja Kelompok
No. | Kelompok | Aspek penilaian | Jumlah | ||
A | B | C | |||
1. | |||||
2. | |||||
3. | |||||
4. | |||||
5. | |||||
6. | |||||
7. | |||||
8. |
A = Ketepatan jawaban
B = Keaktifan siswa dalam kelompok
C = Kerjasama antar anggota kelompok
Kriteria skor
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
Nilai = ( skor yang di peroleh / skor maksimum ) x 10
Penerapan dan pemahaman konsep akademis
1. Cocok kan gambar sesuai jenis nya masing - masing.
No. | Sifat Gelombang Cahaya | Sajian Gambar | Pengertian Sifat Gelombang Cahaya | Contoh Peristiwa Sifat Gelombang Cahaya |
1. | Pemantulan Cahaya | |||
2. | Pembiasan Cahaya |
2. Tuliskan penyebab terjadinya peristiwa pemantulan cahaya!
3. Tuliskan penyebab terjadinya peristiwa pembiasan cahaya !
Kunci Jawaban dan Pen-skoran.
No. | Kunci Jawaban | Skor |
1. | Pemantulan Cahaya Gambar 1, pemantulan cahaya adalah suatu peristiwa dimana cahaya akan dipantulkan ketika mengenai suatu benda, ketika cahaya mengenai suatu benda misalnya lukisan, aspal dijalan raya, dan permukaan air yang tenang maka cahaya akan dipantulkan. | 2 |
Pembiasan Cahaya Gambar 2, Pembiasan cahaya adalah pembelokan seberkas cahaya yang merambat dari satu medium ke medium lain yang berbeda kerapatannya, ketika cahaya datang dari medium yang kerapatannya berbeda seperti dari udara ke air atau air ke udara, dan dari udara ke gelas(kaca) atau dari gelas ke udara akan terjadi pembiasan cahaya. | 2 | |
2. | Terjadinya peristiwa pemantulan cahaya disebabkan karena cahaya mengenai suatu benda baik itu benda dengan permukaan datar maupun benda yang memiliki permukaan yang kasar sehingga cahaya tersebut akan dipantulkan | 3 |
3. | Pembiasan cahaya terjadi jika cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang memiliki kerapatan yang berbeda | 3 |
Penugasan PR
1. Mengapa kita dapat melihat suatu benda?
2. Bagaimanakah proses agar kita dapat melihat benda?
3. Gambarkan peristiwa pemantulan cahaya!
4. Bagaimanakah besar sudut datang dan sudut pantul pada peristiwa pemantulan cahaya?
5. Apakah yang terjadi ketika cahaya merambat dari medium yang berbeda kerapatannya?
6. Gambarkan peristiwa pembiasan cahaya!
- Alat, bahan, dan sumber belajar
- Alat / bahan: Cermin datar, Air, Gelas kaca, Sumber cahaya laser, busur
- Sumber buku: Fisika untuk SMP kelas VIII, 189 - 219 oleh Marthen Kanginan.
Sekian artikel tentang Contoh RPP Cahaya SMP Kelas 8, semoga bermanfaat dan bisa di terapkan dengan baik.
Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar