Selamat datang di blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "Contoh RPP Fisika Materi Bunyi Kelas VIII SMP", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati
Admin jawabpedia.blogspot.com
Admin jawabpedia.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "Contoh RPP Fisika Materi Bunyi Kelas VIII SMP" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...
Contoh RPP Fisika Materi Bunyi Kelas VIII SMP - Selamat datang di markas fisika, kali ini markas fisika akan membagikan contoh rpp fisika materi bunyi kelas viii SMP, berikut RPP, semoga bermanfaat.
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VIII
Semester : Genap
Program : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Mata Pelajaran : Fisika
Jumlah Pertemuan : 2x pertemuan
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VIII
Semester : Genap
Program : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Mata Pelajaran : Fisika
Jumlah Pertemuan : 2x pertemuan
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi Dasar
6.1 Mendiskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
Mengidentifikasi gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
Melalui demonstrasi siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari alat resonansi
Melalui demonstrasi siswa dapat menyebutkan fungsi bagian-bagian dari alat resonansi
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan fungsi dari ada nya gejala dari resonansi
Melalui eksperimen siswa dapat menentukan cepat rambat bunyi
Melalui eksperimen siswa dapat melakuakn percobaan tentang resonansi
Alokasi waktu: 2 Jam pelajaran (2 x 40 menit)
Model dan Metode pembelajaran:
- Model: Kooperatif Learning dan Direct Instruction (DI)
- Metode: Pengamatan dan Diskusi Informasi
Kegiatan Pembelajaran:
a.Kegiatan pendahuluan (10 menit )
"Fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa"
1) Guru memotivasi siswa dengan cara memberikan pertanyaan “ Pernahkah kalian memetik senar gitar ? “ (Pernah).
Guru melanjutkan pertanyaan “ Bagaimana senar gitar tersebut dapat menimbulkan bunyi ? “ ( saat kita memetik senar gitar tersebut maka akan terjadi getaran, getaran tersebut yang menghasilkan bunyi dan adanya resonansi udara dengan gitar )
2) Guru melanjutkan pertanyaan “ Apakah jika sinar gitar kita pegang akan menimbulkan bunyi ? “ (Tidak). Dapatkah kita mengukur kecepatan bunyi dan panjang gelombang pada senar gitar tersebut ? “ (iya,dapat)
3) Guru melanjutkan pertanyaan tanpa membenarkan pertanyaan sebelumnya “ Kemudian apakah frekuensi senar bergantung pada panjangnya ? “ (Iya)
b. Kegiatan inti ( 50 menit )
"Fase mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan"
1) Guru menampilkan gambar osiloskop digital kemudian menyebutkan bagian-bagian yang ditunjukan pada gambar.
2) Guru menjelaskan cara menggunakan osiloskop dan cara memperoleh hasil pengukuran
Menggunakan osiloskop
Membaca osiloskop
• Menentukan gelombang tampak
• Menentukan panjang gelombang
• Menentukan frekuensinya
Hasil pengukuran
v = λ f
Keterangan :
v = cepat rambat bunyi (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
f = frekuensi (Hz)
"Fase mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar"
3) Guru menampilkan gambar osiloskop yang ditunjukan pada gambar
4) Guru mengajukan pertanyaan “ Apa nama alat untuk melihat bentuk gelombang bunyi ? “
5) Guru melanjutkan pertanyaan “ Bagaimana cara memperoleh cepat rambat bunyi pada sebuah mikrofon yang ditunjukan pada gambar ? “
6) Guru bersama-sama peserta didik mendiskusikan cara memperoleh cepat rambat bunyi kemudian mendiskusikan hasil pengukuran yang benar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit )
"Fase memberikan latihan dan penerapan konsep"
1) Membimbing siswa merangkum pelajaran dan membuat peta konsep. Siswa di minta mengisi kotak-kotak yang kosong. Kemudian dari peta konsep tersebut guru membenarkan pertanyaan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
“Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat menyimpulkan prinsip terjadinya bunyi dan menentukan cepat rambat bunyi serta dampak resonansi pada kehidupan sehari-hari“
Penilaian Hasil Belajar
a.Teknik Penilaian
• Tes tulis
• Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
• Tes isian
• Tes identifikasi
• Tes uji petik kerja prosedur
Aspek yang dinilai :
A = ketetapan jawaban
B = Keaktifan siswa dalam kelompok
C = Kerjasama antar anggota kelompok
Kriteria Skor
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = kurang Baik
Nilai = (skor yang diperoleh)/(skor maksimum) x 10
PENERAPAN DAN PEMAHAMAN KONSEP AKADEMIS
PEKERJAAN RUMAH
1. Alat ukur apa yang digunakan untuk mengukur cepat rambat bunyi di udara ?
2. Sebutkan cara kerja osiloskop dalam nenangkap sinyal suara !
Alat / Bahan dan Sumber belajar
1. Alat / Bahan :
a. Osiloskop
b. Gambar osiloskop
2. Sumber belajar
a. Buku siswa (sesuai yang dipakai)
b. Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
c. Buku referensi
Demikian contoh rpp fisika materi bunyi kelas VIII SMP, jangan lupa susunan RPP diatas disesuaikan dengan keperluan kalian, Semoga bermanfaat.
Sekian terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar