Selamat datang di blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "Contoh RPP Listrik Dinamis Kelas IX SMP", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati
Admin jawabpedia.blogspot.com
Admin jawabpedia.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "Contoh RPP Listrik Dinamis Kelas IX SMP" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...
Contoh RPP Listrik Dinamis Kelas IX SMP - Selamat datang kembali di markas fisika, kali ini markas fisika kembali membagikan sebuah contoh rpp listrik dinamis kelas IX SMP. semoga bermanfaat.
- Identitas Mata Pelajaran:
- Satuan pendidikan: SMP
- Kelas: IX
- Semester: Ganjil
- Mata Pelajaran: Fisika
- Jumlah pertemuan: 1 x pertemuan
- Standar Kompetensi:
- Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Kompetensi dasar:
- Menganalisis perrcobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Indikator:
- Mendeskripsikan konsep arus listrik dan beda potensial listrik.
- Tujuan pembelajaran:
- Melalui diskusi siswa dapat membedakan jenis alat ukur listrik.
- Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan fungsi alat ukur listrik.
- Melalui demostrasi siswa dapat menjelaskan cara mengukur kuat arus listrik.
- Melalui demonstrasi siswa dapat menjelaskan cara mengukur tegangan listrik.
- Melalui diskusi siswa dapat menuliskan definisi kuat arus dengan benar
- Materi ajar: Listrik dinamis
- Alokasi waktu: 2 Jam pelajaran (2 x 45 menit)
- Model dan metode pembelajaran
- Model: Direct Instruction
- Metode: Demonstrasi ( Diskusi kelompok dan eksperimen )
- Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan pendahuluan (10 menit) "Fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa"
- Guru memotivasi siswa dengan cara memberikan pertanyaan “ Mengapa burung yang berdiri dikabel yang bertegangan tinggi tidak tersengat listrik?” (karena arus listrik mengalir melalui kawat bertegangan dan kedua telapak kaki burung. Tetapi kedua telapak kakiburung pada tegangan yang sama maka tidak dilalui arus listrik).
- Guru melanjutkan pertanyaan “Manakah yang lebih terang, dua lampu yang terangkai secara seri atau secara parallel?”( terangkai secara paralel karena tegangannya sama semua )
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran “setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat mengetahui arus listrik dan mengenal alat ukur listrik serta cara membacanya”.
b. Kegiatan inti ( 70 menit )
"Fase mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar"
- Guru membagi siswa secara berkelompok, yaitu 8 kelompok
- Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok
- Guru meminta masing-masing kelompok mengisi LKS tersebut
"Fase mendemonstrasikan pemahaman dan keterampilan"
- Guru menampilkan gambar Amperemeter dan cara memperoleh hasil pengukuran.
- Untuk mengukur kuat arus amperemeter dipasang secara seri kedalam suatu rangkaian listrik seperti gambar berikut.
Pada rangkaian di atas dapat dilihat kuar arus listrik yang mengalir sebesar 0,9 A - Guru menampilkan gambar voltmeter dan cara memperoleh hasil pengukuran.
- Untuk mengukur beda potensial listrik voltmeter drangkai secara parallel kedalam suatu rangkaian lihat seperti gambar berikut.
Pada rangkaian diatas dapat dilihat besar beda potensial rangkaian listrik tersebut adalah 9V
"Fase Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan Balik"
- Guru mengajukan pertanyaan “ Sebutkan beda alat ukur listrik ampermeter dan voltmeter”
- Guru mengajukan pertanyaan “ Sebutkan fungsi ampermeter dan voltmeter”
- Guru menampilkan suatu rangkaian listrik dan amperemeter. Setiap kelompok diminta untuk mengukur kuat arus rangkaian tersebut.
- Guru menampilkan suatu rangkaian listrik dan voltmeter. Setiap kelompok diminta untuk mengukur beda potensial listrik pada rangkaian tersebut.
- Guru mengajukan pertanyaan “apa yang dimaksud dengan arus listrik?"
c. Kegiatan penutup (10 menit)
"Fase Memberikan Latihan Dan Penerapan Konsep"
- Guru membimbing siswa merangkum pelajaran yang telah dipelajari
- Guru memberikan tugas rumah
- Penilaian hasil belajar
- Teknik penilaian: Tes uraian
- Bentuk instrumen: Uraian
- Instrumen penilaian
Aspek yang dinilai:Skor penilaian kerja kelompok
A = Ketepatan jawaban
B = Keaktifan siswa dalam kelompok
C = Kerjasama antar anggota kelompok
Kriteria Skor
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = Kurang baik
PENERAPAN DAN PEMAHAMAN KONSEP AKADEMIS
- Dari gambar di bawah ini alat ini di gunakan untuk mengukur apa? Dan sebutkan fungsi alat ukur listrik tersebut!
- Gambarkan rangkaian cara mengukur arus listrik dan beda potensial pada lampu (hambatan) secara bersamaan, pada rangkaian berikut!
- Apa yang dimaksud dengan arus listrik?
PEKERJAAN RUMAH (PR)
- Alat yang tepat untuk mengukur kuat arus listrik adalah . . . .
- Perhatikan gambar di bawah! Sebutkan fungsi alat ukur listrik tersebut . . . .
- Hasil pengukuran yang ditunjukkan Voltmeter berikut adalah . . . .
- Apakah satuan dari tegangan?
- Alat / Bahan dan sumber belajar
- Alat/bahan: amperemeter, voltmeter, gambar amperemeter, gambar voltmeter
- Sumber belajar: IPA fisika untuk SMP Kelas IX, hal 38-45 oleh Tim Abdi Guru.
Demikian Contoh RPP listrik dinamis kelas IX SMP, diharapkan bahwa RPP diatas disesuaikan dalam keperluan dan kaedah dari institusi yang memayungi kalian.
Semoga bermanfaat, terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar